NYERI HAID YANG MENUSUK


Hai semua, siapa yang Sering kali setiap datang bulan perutnya mules – mules, dan menimbulkan nyeri pada waktu datang haid atau menstruasi?hayo siapa? Yuk kenali dan bahaya enggak sih? Pasti kalau yang perempuan pasti pada tahu dan menyalaminya, iya kan? Dan tentunya menimbulkan ketidaknyaman,,bener enggak bebs? Jawabnya bener banget. Baiklah , terus apa yang harus kita lakukan? Bagaimana mengatasinya? Oke, kita kupas bareng dengan belajar bareng, apasih nyeri haid atau bisa di sebut dengan nama dismenorea.
 Nyeri ini lebih dikenal dengan sebutan nyeri haid atau dismenorhea. Nyeri haid ini terasa sakit di bagian bawah perut. Dan tentunya akan menjadikan seharian mengganggu aktifitas. Tapi jangan khawatir, nyeri seperti ini akan kita alami sejak haid pertama kali dan akan menghilang dihari ke dua setelah menstruasi berjalan. Alami kok bebs, hanya saja kita sebagai perempuan merasa terganggu saja, akibat dari adanya menstruasi yang disertai nyeri. Terus apa yang harus kita lakukan ya, untuk mengurangi rasa nyeri agar sepanjang  hari? Oke bebs, pertama –tama sebaiknya kita lakukan terapi kecil dengan mengompres perut kita dengan air hangat, kedua, kita bisa mengatur posisi yang nyaman selama nyeri melanda ya bebs.
Posisi yang bagaimana sih yang nyaman dan sesuai rekomendasi? Tahu kan bebs, posisi nungging atau sujud, capek donk bebs, kita lanjutkan dengan istirahat tidur.

Lebih jelasnya, kita lihat gambar dibawah ini ya bebs. 
Jadi kita tidak perlu khawatir lagi dengan datangnya nyeri haid, karena nyeri bisa diatasi dengan dirawat dengan baik ya bebs.
Terus jika ada yang mengalami nyeri haid sampai pingsan atau tidak sadarkan diri, itu kenapa sih?apa pula penyebabnya? Pasti  nyerinya dua kali lipat bikin sakit banget donk dan bahaya enggak sih? Tindakan apa yang tepat,harus dilakukan? Jika ada saudara perempuan atau temen pernah mengalami gejala nyeri haid sampai tidak sadarkan diri, karena nyerinya kebangetan tentunya disebabkan karena ada penyakit tertentu atau bisa disebut dengan dismenorhea sekunder. Kondisi nyeri haid dimana ada penyakit tertentu, tentunya berbahaya. Lebih tetapnya, tindakan yang harus dilakukan adalah memeriksakan diri ke dokter Obstreti dan Ginekologi, agar terdeteksi penyakit apa yang menyebabkan terjadinya nyeri haid.
Nyeri haid sekunder atau Dismenorhea sekunder terjadi karena Myoma dan Endometriosis. Nyeri pada Endometriosis disebabkan tekanan tumor. Begitu ya bebs, jadi enggak takut, menyanyangi diri sendiri adalah keharusan, cara dengan mendatangi dokter ketika merasakan nyeri yang tidak tertahankan, apalagi kok sampai pingsan. Bekali diri dan keluarga dengan pentingnya mengetahui kesehatan Reproduksi.  Yuk jaga kesehatan yuk!

Komentar